Saturday 27 June 2015

21 Pantai Keren Di jawa Barat Yang Harus Dikunjungi

1. Pantai Apra Cianjur

Pantai Apra menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia karena nama pantai ini berasal dari pemberontakan APRA (Angkatan Perang Rakyat Semesta). Konon dulunya ada sebuah benteng di Pantai Apra, tapi kini sudah tidak ditemukan jejaknya. Selain menyimpan sejarah, Pantai Apra juga menyimpan keindahan alam. Pantai Apra menyajikan pemandangan menarik. Di pantai yang terletak di Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur ini, kamu bisa berenang, berjemur, berolahraga pantai, menikmati pemandangan, atau memotret pemandangan. Di pantai ini disediakan tempat parkir dan warung-warung tradisional.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat Pantai Apra

2. Pantai Batu Hiu Pangandaran

Pantai Batu Hiu terkenal karena memiliki ciri khas berupa batu karang besar yang menyerupai ikan hiu. Pantai Batu Hiu terletak di desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Di Pantai Batu Hiu ini, kamu bisa menyaksikan luasnya pemandangan Samudera Hindia. Dari kejauhan ombak datang perlahan mendekat dan menggulung putih.

 3. Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai Batu Karas terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Banyak orang bilang, Pantai Batu Karas merupakan gabungan Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. Pantai Batu Karas menawarkan suasana alam yang tenang dengan gelombang laut yang bersahabat. Pantainya yang landai membuat pengunjung betah berlama-lama bermain di kawasan ini.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

4. Pantai Cibangban Sukabumi

Pantai Cibangban terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Pantai Cibangban adalah salah satu pantai yang cocok untuk berenang karena kondisinya yang relatif aman. Pantai Cibangban cukup landai dan ombaknya relatif kecil, sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk berenang. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan laut dari atas bukit.
34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

5. Pantai Cijayana Garut

Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Pantai Cijayana mempunyai pasir halus dengan warna putih kecoklatan. Pantai Cijayana memiliki tepi pantai yang luas dengan luas mencapai 9 hektare. Di sekitar pantai banyak tumbuh tanaman pandan bidur. Pantai ini masih alami dilihat dari warna air yang biru dengan bau air dan temperatur yang normal.

6. Pantai Cijeruk Indah Garut

Pantai Cijeruk Indah terletak di Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah dengan status kepemilikan oleh BKSDA dan Perkebunan. Kawasan Pantai Cijeruk Indah memiliki luas mencapai 4700 m2. Warna air di Pantai Cijeruk Indah ini ada 2 yaitu warna biru di pesisir dan warna hijau di pertemuan muara.
34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

7. Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Pantai Cipatujah terletak di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 74 km ke arah selatan dari pusat kota Tasikmalaya. Pantai seluas 115 ha ini merupakan pantai berkarang. Karena itulah banyak terumbu di mana ikan-ikan bertelur dan berkembang biak. Pantai ini merupakan pantai terlebar dan terpanjang di kawasan Pantai Selatan Jawa Barat. Pantai Cipatujah menawarkan pasir besi yang sangat baik untuk berjemur dan melakukan aktivitasi rekreasi pantai lainnya.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

8. Pantai Citepus Sukabumi

Pantai Citepus adalah salah satu pantai favorit di Sukabumi yang terletak di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhan Ratu. Pantai Citepus selalu menarik wisatawan lokal untuk berkunjung mencari kehangatan laut selatan. Kadang penduduk setempat melakukan penangkapan ikan-ikan kecil untuk diternakkan di sungai yang ada di sekitar kampung. Selain terkenal dengan pantainya yang bersih, pengunjung sering berekreasi di akhir pekan.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

9. Pantai Jayanti Cianjur

Pantai Jayanti terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, sekitar 60 km dari Kota Cianjur atau sekitar 150 km dari Kota Bandung. Pantai Jayanti masih terbebas dari berbagai jenis polusi karena termasuk pantai baru yang dibuka untuk pariwisata. Kondisi pantainya sendiri terbangun atas pasir laut di satu sisi dan batu-batu karang di sisi lainnya. Nikmati gulungan ombak samudera yang berdebur menerpa batu-batu karang.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

10. Pantai Karang Hawu Sukabumi

Pantai Karang Hawu terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, sekitar 73 km dari Kota Sukabumi. Bagi warga setempat, Pantai Karang Hawu terkenal karena kisah mistisnya. Warga setempat percaya bahwa Pantai Karang Hawu adalah singgasana Lara Kadita, putri Prabu Siliwangi, yang lebih dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Menurut cerita yang beredar, singgasana Nyi Roro Kidul terletak di atas bukit karang yang menjorok ke lautan lepas Samudra Hindia. Karang dan tebing yang menjorok ke laut itu kini menjadi ciri khas panorama alam di Pantai Karang Hawu itu.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

11. Pantai Karang Nini Pangandaran

Pantai Karang Nini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Pantai yang terletak di kawasan wana wisata ini sangat mudah diakses karena berada di jalur jalan wisata pantai Pangandaran. Bus, mini bus, dan elf dapat digunakan untuk menuju Pantai Karang Nini. Pantai Karang Nini membentang luas dengan batu karang yang menambah indahnya pemandangan laut.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

12. Pantai Karang Paranje Garut

Pantai Karang Paranje terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai Karang Paranje mempunyai potensi keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai. Pantai Karang Paranje  menjadi tempat favorit untuk melihat matahari terbenam. Kawasan Pantai Karang Paranje memiliki luas sekitar 9 ha. Di tepi pantai tersebut terdapat sebuah lapangan bola dan jembatan yang menghubungkan antara daratan dengan pesisir Pantai Karang Paranje. Selain itu ada juga sebuah danau alami yang sering digunakan masyarakat untuk menangkap ikan.

13. Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Suasana alami dan sepi seakan seperti bukan umumnya kawasan wisata, menyambut kita begitu sampai di kawasan Pantai Karang Tawulan. Sejauh mata memandang terlihat sejumlah karang menjulang diterpa gelombang laut selatan, suara gelegar pun terdengar cukup menyeramkan. Nama objek wisata Pantai Karang Tawulan, berlokasi di Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, tentu masih sangat asing. Tidak demikian halnya dengan penghobi travelling, objek wisata yang jaraknya sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya, terbilang akrab.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

14. Pantai Karapyak Pangandaran

Salah satu objek wisata di kawasan wisata Pangandaran adalah objek wisata pantai Karapyak terletak di desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata ini, memiliki panorama pantai yang indah yang apabila dikembangkan akan menjadi objek wisata potensial. Fasilitas objek wisata pantai Karapyak untuk sementara ini memiliki areal parkir, warung/kedai, pondok wisata yang dikelola penduduk setempat, tempat pelelangan ikan, mushola, toilet, dan sebagian garis pantai dipergunakan masyarakat setempat untuk pemberdayaan rumput laut.

15. Pantai Lembah Putri Pangandaran

Pantai Lembah Putri terletak di Desa Ciputrapinggan, Kecamatan Kalipucang, sekitar 85 km dari kota Ciamis ke arah selatan. Pantai Lembah Putri menawarkan untuk Anda panorama alam yang sangat indah. Dari ketinggian bukit yang ada, Anda dapat melihat pesona hamparan lautan yang sangat luas dengan gelora ombak Samudra Indonesia yang datang tanpa henti.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

16. Pantai Loji Sukabumi

Datanglah ke Pantai Loji dan buatlah dirimu terpesona dengan kekayaan hasil tangkapan ikan di sini. Hal itu tidaklah mengherankan karena kawasan ini merupakan kawasan yang sebagian masyarakatnya bekerja sebagai nelayan. Pantai Loji menyimpan sebuah keunikan lainnya yang menyangkut budaya, yaitu keberadaan Wihara Nan Hai Kwan Im Pu Sa atau disebut juga dengan Wihara Loji.

17. Pantai Madasari Pangandaran

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, sekitar 39 km dari Pangandaran ke arah barat. Pantai Madasari menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan dihiasi pulau-pulau kecil berpadu dengan hijaunya dataran Desa Masawah. Selain itu, kamu juga akan terpukau oleh keindahan antara perpaduan laut dan bukit karang dengan deburan ombak yang besar seakan-akan mengajak Anda untuk melepas lelah dan melupakan segala rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Yang menarik dari Pantai Madasari ini ada jalan setapak yang menghubungkan Pantai Batu Karas.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

18. Pantai Minajaya Sukabumi

Bagi masyarakat Surade, Pantai Minajaya merupakan tempat rekreasi untuk keluarga sambil memasak nasi dan membakar ikan. Pesisir pantainya yang datar dan ombaknya yang tidak besar mengundang anak-anak kecil untuk datang dan bermain dengan bebas, termasuk mandi sepuas-puasnya tanpa ada rasa kekhawatiran. Di pinggiran pantai ini terdapat tenda-tenda untuk beristirahat yang dapat Anda gunakan. Di pantai Minajaya pun kamu bisa memesan nasi dan ikan bakar dengan harga yang sangat murah.

19. Pantai Pamayangsari Tasikmalaya

Pantai Pamayangsari merupakan salah satu obyek wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cipatujah. Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas. Lokasi pantai ini berbatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindungi. Di sebelah timurnya terdapat pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Hal ini menjadikan pantai ini menjadi tempat favorit wisatawan yang ingin menyantap hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau.


20. Pantai Pananjung Ciamis

Pantai Pananjung mempunyai area yang cukup luas, pantai yang landai, pasir putih dan halus, serta gelombang ombak yang ramah tidak membahayakan. Karena itulah Pantai Pananjung menjanjikan rekreasi air yang menyenangkan, seperti snorkeling, surfing, berperahu, berenang, menikmati keindahan taman laut, berjemur, dan berkemah. Pantai Pananjung ini termasuk dalam wilayah Cagar Alam dan Taman Margasatwa Pananjung Pangandaran. Di Cagar Alam dan Taman Margasatwa Pananjung, kamu bisa melihat berbagai jenis tumbuhan dan satwa lindung seperti banteng, rusa, dan Kera.

34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

21. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, sekitar 92 km dari Kota Ciamis ke arah Selatan. Menikmati keindahan pantai legendaris Pangandaran dengan pasir halus dan air lautnya yang bersih. Dengan karakteristik pantainya yang landai serta air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, memungkinkan kamu untuk berenang dengan aman. Berlatar belakang Cagar Alam Pananjung yang kaya akan flora dan fauna, Pantai Pangandara memberikan kesempatan unik bagi kamu untuk melihat terbit dan terbenamnya matahari dari satu tempat yang sama.
34 Pantai Wisata di Seluruh Provinsi Jawa Barat

0 komentar:

Post a Comment